Selamat Datang di My Blog << Waroeng Alam is a Waroeng-e Alam >>

Sunday, May 7, 2017

Seputar Lapisan Ozon yang Semakin tipis

Ozon adalah molekul yang terdiri dari tiga atom Oksigen. Lapisan ozon adalah suatu lapisan yang terletak di lapisan stratosfir, 20 – 45 km diatas permukaan bumi. akan melindungi mahluk hidup dari sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. ozon yg berlobang mengakibatkan radiasi matahari mencapai permukaan bumi. paparan sinar UV berlebihan mengakibatkan kanker kulit, katarak, dan memperlemah sistem kekebalan tubuh dan gangguan pada rantai makanan di laut. 

Lebih dari setengah abad lamanya dirasakan adanya kerusakan lapisan ozon sehingga terjadi penipisan lapisan tersebut di stratosfer. Hal ini teramati pada setiap musim semi di wilayah selatan bumi, suatu lubang terbuka pada lapisan di bagaian atas ozon. Pada ketinggian 15-20 km diatas Antartika, 95% lapisan ozon telah lenyap. Lubang ini bertambah besar sejak tahun 1979. Lapisan ozon ini juga telah dibuktikan oleh data satelit cuaca Nimbus 7 milik badan ruang angkasa Amerika Serikat (NASA) dan terdapat banyak bukti yang menyatakan bahwa penipisan lapisan ozondi seluruh dunia. 
Rusaknya lapisan ozon berpengaruh pada intensitas sinar ultra violet metahari yang berbahaya bagimakhluk hidupdi bumi. Radiasi ultra violet menyebabkan kanker kulit, katarak mata, menekan efisiensi sistem kekebalan tubuh, sehingga memudahkan kanker menyebar luas, menurunkan kualitas komoditi pertanian seperti kedelai, kacang, tomat, dan komoditas pertanian lainnya. 
Radiasi ultraviolet tersebut juga dapat menimbulkan kerusakan sampai 20 m di bawah permukaan air yang jernih, terutama berbahaya bagi plankton, benih ikan, udang, dan kepiting serta tumbuhan yang memegang peranan penting dalam rantai makanan di laut.


Penyusun : Alamudin Zaenuri
Al Khawarizmi dari negeri Ibu Pertiwi

0 comments:

Post a Comment