Selamat Datang di My Blog << Waroeng Alam is a Waroeng-e Alam >>

Sunday, May 7, 2017

Sensor Efek Hall

Sensor Efek Hall merupakan salah satu contoh sensor magnetik. Sensor Efek Hall adalah sebuah sensor yang akan menghasilkan tegangan keluaran yang berbeda-beda sebagai tanggapan terhadap perubahan dalam medan magnet. Sensor Efek Hall ini sering sekali digunakan dalam proses pengukuran karena fungsinya yang aplikatif.
Sensor Efek Hall digunakan untuk mendeteksi kedekatan (proximity), kehadiran atau ketidakhadiran suatu objek magnetis menggunakan suatu jarak kritis. Pada dasarnya ada dua tipe Half-Effect Sensor, yaitu tipe linear dan tipe on-off.
Tipe linear digunakan untuk mengukur medan magnet secara linear, mengukur arus DC dan AC pada konduktor dan funsi-fungsi lainnya. Sedangkan tipe on-off digunakan sebagai limit switch, sensor keberadaan (presence sensors) dan sebagainya. Sensor ini memberikan logika output sebagai interface gerbang logika secara langsung atau mengendalikan beban dengan buffer amplifier.
Selain untuk mendapatkan adanya medan magnet, sensor Efek Hall ini juga bisa digunakan untuk sensor posisi, sensor deteksi kecepatan dan sensor arus. Elemen Hall adalah dasar dari sensor medan magnet. Itu memerlukan suatu pengkondisi sinyal untuk membuat keluarannya dapat digunakan pada beberapa aplikasi. Rangkaian elektronik pengkondisi sinyal yang dibutuhkan umumnya adalah suatu penguatan (amplifier). Jika tegangan Hall diukur saat tidak ada medan magnetik, nilai keluarannya akan nol. Kemudian jika ada medan magnetik maka akan timbul tegangan Hall.
Pada Gambar 2.7 terlihat ada suatu penguatan yaitu differential amplifier. Penggunaan penguatan ini dikarenakan tegangan hall mempunyai level  sinyal yang rendah yaitu sebesar 30 mV dalam keadaan medan magnetik sebesar satu gauss. Level tegangan yang rendah ini membutuhkan suatu penguatan  dengan noise rendah dan  impedansi masukan  yang  tinggi dan besar  gain  yang    sesuai.
Karakteristik pada differential amplifier dapat digunakan sebagai penguatan pada sistem sensor efek hall.
Gambar 1. Prinsip Efek Hall ketika tidak ada magnet
Gambar 2. Prinsip Efek Hall ketika ada magnet

Dasar dari penggambaran sistem sensor Efek Hall adalah sebagai berikut :

Gambar 3. Prinsip dasar sensor Efek Hall

Penyusun : Alamudin Zaenuri
Al Khawarizmi dari negeri Ibu Pertiwi

0 comments:

Post a Comment