Selamat Datang di My Blog << Waroeng Alam is a Waroeng-e Alam >>

Sunday, May 7, 2017

Pengertian LCD

LCD (Liquid Crystal Display) adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang, misalnya dalam alat-alat elektronik, sepertikalkulator ataupun layar komputer. Pada LCD berwarna semacam monitor, terdapat banyak sekali titik cahaya (pixel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai suatu titik cahaya. Walaupun disebut sebagai titik cahaya, namun kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya yang berada di dalam sebuah perangkat LCD yaitu lampu neon yang memilki warna putih di bagian belakang susunan kristal cair tadi (Tribowo, dkk, 2014).
LCD 16x2 merupakan suatu display dari bahan kristal yang pengoperasannya menggunakan sistem dot matrik. LCD 16x2 karakter (16 kolom kali 2 baris) dapat menampilkan sebanyak 32 karakter yang terdiri dari dua baris dan tiap baris dapat menampilkan 16 karakter (Heri A., 2016)
Gambar 2.12. Layar LCD

LCD (Liquid Crystal Display) dapat diprogram agar bekerja sesuai dengan aplikasi yang telah dirancang. LCD pada prinsipnya sama dengan penampil dot matrik. Jenis-jenis LCD yang ada dipasaran ada dua jenis yaitu LCD teks dan LCD Grafik. LCD Teks adalah jenis LCD yang digunakan untuk menampilkan teks atau angka dalam kode ASCII. Tidak seperti LCD lainnya, LCD teks yang ada dibagi ke dalam sel, dimana tiap selnya hanya dapat menampilkan karakter ASCII.
Setiap sel dari teks LCD memuat "dot" kristal cair yang dikombinasi dan "tersembunyi" atau titik-titik akan membentuk karakter untuk ditampilkan. Teks pada LCD, bentuk karakternya telah sesuaikan. Ukuran Teks ditentukan jumlah karakter yang dapat ditampilkan pada satu baris.
LCD Character dapat dengan mudah dihubungkan dengan mikrokontroller seperti Arduino. LCD yang akan digunakan mempunyai lebar display 2 baris 16 kolom atau biasa disebut sebagai LCD Character 2x16, dengan 16 pin konektor. (Rafiudin Syam, 2013)
LCD (Liquid Cristal Display) adalah salah satu komponen elektronika yang berfungsi sebagai tampilan suatu data, baik karakter, huruf ataupun grafik.LCD mempunyai pin data, kontrol catu daya, dan pengatur kontras tampilan (Sinaulan, 2015)

Penyusun : Alamudin Zaenuri
Al Khawarizmi dari negeri Ibu Pertiwi

0 comments:

Post a Comment