Selamat Datang di My Blog << Waroeng Alam is a Waroeng-e Alam >>

Sunday, May 7, 2017

Sensor Cahaya (Sensor LDR)

LDR singkatan dari Light Dependent Resistor dan juga dikenal sebagai photoresistor yang terbuat dari bahan semikonduktor dengan tingkat resistansi yang tinggi. LDR mirip dengan sebuah resistor normal dan nilai resistansi dari LDR bergantung pada cahaya di sekitarnya. Hal ini sangat sulit untuk menggunakan LDR dengan tujuan menentukan jumlah cahaya yang tepat dalam pengaturan tertentu tetapi cukup baik jika digunakan dengan menggunakan cahaya gelap atau terang. (Tony,dkk. 2008) 
Gambar Sensor LDR

Dalam kondisi gelap, resistansi LDR bisa mencapai 10 M ohm, tapi dalam kondisi terang, resistansi LDR turun hingga 1 K ohm bahkan bisa lebih kecil. Sifat inilah yang membuat LDR bisa dimanfaatkan sebagai sensor cahaya.
LDR terbuat dari sebuah cakram semikonduktor seperti kadmium sulfida dengan dua buah elektroda pada permukaannya. Pada saat intensitas cahaya yang mengenai LDR sedikit, bahan dari cakram LDR tersebut menghasilkan elektron bebas dengan jumlah yang relatif kecil. Sehingga hanya ada sedikit elektron untuk mengangkut muatan elektrik. Artinya saat intensitas cahaya yang mengenai LDR sedikit maka LDR akan memiliki resistansi yang besar.
Ketika ingin menjadikan LDR sebagai sensor, maka bisa mengacu pada rangkaian resistor sebagai pembagi tegangan. Dengan menggabungkan antara LDR dengan resistor, maka bisa didapatkan variasi tegangan (pada V1 atau V2) yang nantinya menjadi inputan pada pin analog Arduino.
Tegangan pada V1 atau V2 dapat dihitung berdasarkan hukum ohm dan aturannya pada rangkaian seri. Pada rangkaian tersebut, arus pada semua titik dalam rangkaian tersebut nilainya sama sehingga dapat dihitung V1 atau V2 tanpa mengetahui arus yang mengalir.
Rangkaian sensor LDR yang dihubungkan dengan Arduino Uno R3 ini merupakan rangkaian dalam sistem trainer yang menjadi salah satu percobaan untuk mengontrol cahaya yang di tangkap oleh sensor cahaya atau LDR untuk menyalakan atau mematikan LED yang menjadi keluaran dari hasil intensitas cahaya yang di tangkap, jadi jika LDR menangkap cahaya yang terang, maka LED akan redup atau mati, namun ketika sensor LDR mendeteksi cahaya sekitar gelap maka LED akan menyala. (A. Kadir, 2015).

Penyusun : Alamudin Zaenuri
Al Khawarizmi dari negeri Ibu Pertiwi

0 comments:

Post a Comment