Kali ini ane mau bagi sedikit tulisan,, yah bisa dibilang tugas sekolah
sih..., ceritanya sih seperti biasa, ane sebagai seorang owner warteg (waroeng teghnology) yah hanya sedikit bantu-bantu para siswa yang "tidak punya waktu mengerjakan tugas sekolah".
Maka dari itu ane mencoba menyusun beberapa artikel tentang CITRAAN
sebagai tugas dari siswa tersebut. Untuk sumber nya sih udah ada di
bawahn, nah semisal sumber hanya ane tulis "internet" saja
berarti ane udah lupa tuh sumber nya dari mana. Soalnya banyak tulisan
ane tentang tugas sekolah yang udah lama singgah di (hati) laptop ane.
Yuhu nggak usah panjang lebar kali tinggi sama dengan lama. Langsung
saja....
Seperti ini tulisannya: Cekidot
Citraan adalah salah satu sarana kepuitisan yang digunakan oleh penyair untuk memperkuat gambaran pikiran dan perasaan pembaca. Sarana ini berkaitan erat dengan pengalaman inderawi penyair atas objek-objek yang disebutkan atau diterangkan dalam puisi. Guna tercapai kesinambungan maksud, pengalaman pembaca juga menjadi bagian dari sebuah proses pemahaman puisi. Citraan bersifat deskriptif dan imajinatif yang diwujudkan dalam bentuk kebendaan melalui kata. Jika dilihat dari fungsinya, maka hadirnya sebuadang kembali ingatan pembaca atas berbagai pengalaman inderawi yang pernah dirasakan. Oleh karena itu, kehadiran citraan tidak membawa kesan baru dalam pikiran melainkan melibatkan pembaca untuk terlibat dalam kreasi puitis. Dalam membangun sebuah citraan yang menggugah perasaan, seorang penyair dapat melakukannya dengan dua cara, yaitu melalui deskripsi dan perlambangan (metafora)
Gambaran Citraan ada bermacam-macam, baik itu berkenaan dengan indera maupun gerak. Berikut ini beberapa jenis Citraan:
- Citraan Penglihatan (Visual Imagery)
- Citraan Pendengaran (Auditory Imagery)
- Citraan Perabaan (Tactile Imagery)
- Citraan Gerak (Kinaesthetic Imagery)
- Citraan Penciuman (Olfactory Imagery)
- Citraan Pengecapan (Gustatory Imagery)
Penyusun : Alamudin Zaenuri
Al Khawarizmi dari negeri Ibu Pertiwi
0 comments:
Post a Comment