Selamat Datang di My Blog << Waroeng Alam is a Waroeng-e Alam >>

Wednesday, April 26, 2017

Seven Segment Display


Layar tujuh segmen atau Seven-segment display (SSD) adalah salah satu perangkat layar untuk menampilkan sistem angka desimal yang merupakan alternatif dari layar dot-matrix. Pada umumnya Seven-segment display (SSD) memiliki 7 Segmen atau elemen garis dan 1 segmen titik yang menandakan “koma” Desimal. Jadi Jumlah keseluruhan segmen atau elemen LED sebenarnya adalah 8. Layar tujuh segmen ini seringkali digunakan pada jam digital, meteran elektronik, dan perangkat elektronik lainnya yang menampilkan informasi numerik.
Konsep atau tampilanya adalah tujuh bagian dari layar dapat dinyalakan dalam bermacam-macam kombinasi untuk menampilkan angka. Sering ketujuh segmen tersebut disusun dengan kemiringan tertentu, untuk memudahkan pembacaan. Pada sebagian besar penerapannya, ketujuh segmen ini memiliki bentuk dan ukuran yang hampir sama. (Sumarna, 2005)
Terdapat dua jenis dari Seven Segment Display yakni Seven Segment Display common cathode dan Seven Segment Display common anode.
Pada LED 7 segmen jenis common cathode (katoda), kaki katoda pada semua segmen LED terhubung menjadi 1 pin, sedangkan kaki anoda akan menjadi input untuk masing-masing segmen LED.  kaki katoda yang terhubung menjadi 1 pin ini merupakan terminal negatif (-) atau ground sedangkan sinyal kendali (control signal) akan diberikan kepada masing-masing kaki anoda segmen LED. 

Pada LED 7 segmen yang jenisnya common anode (anoda), kaki anoda pada semua segmen LED terhubung menjadi 1 Pin, sedangkan kaki katoda akan menjadi input untuk masing-masing segmen LED. kaki anoda yang terhubung menjadi 1 pin ini akan diberikan tegangan positif (+) dan sinyal kendali (control signal) akan diberikan kepada masing-masing kaki katoda segmen LED


0 comments:

Post a Comment