Selamat Datang di My Blog << Waroeng Alam is a Waroeng-e Alam >>

Tuesday, April 18, 2017

Sensor Temperature (sensor suhu LM35)

Sensor suhu LM35 adalah komponen elektronika yang memiliki fungsi untuk mengubah besaran suhu menjadi besaran listrik dalam bentuk tegangan. Sensor Suhu LM35 yang dipakai dalam penelitian ini berupa komponen elektronika-elektronika yang diproduksi oleh National Semiconductor. LM35 memiliki keakuratan tinggi dan kemudahan perancangan jika dibandingkan dengan sensor suhu yang lain, LM35 juga mempunyai keluaran impedansi yang rendah dan linieritas yang tinggi sehingga dapat dengan mudah dihubungkan dengan rangkaian kendali khusus serta tidak memerlukan penyetelan lanjutan. (Steven J.S., 2011)
LM35 merupakan IC sensor suhu dengan bentuk yang mirip dengan transistor. Kaki IC ini hanya ada tiga, yaitu untuk VCC, Output, dan GND. 
 Gambar sensor suhu (temperatur) LM35


Sensor ini bisa digunakan untuk mengukur suhu dari -55o – 150o celcius. Berdasarkan datasheet LM356, maka kita bisa menggunakan pengukuran penuh (-55o – 150o celcius) atau pengukuran sebagian yaitu hanya bisa menghitung dari 2o – 150o  celcius.
Karakteristik dari sensor ini yaitu setiap kenaikan 10 mV pada kaki output, menandakan kenaikan suhu 1o celcius. Tegangan keluaran sensor LM35 minimal adalah 20 mV dan maksimal 1500 mV. Konversi suhu pada keluaran LM35 juga tergantung pada tegangan referensi yang digunakan. (Hari S., 2015)
Rangkaian ini berupa sensor suhu LM35 dengan Arduino Uno R3 yang berfungsi untuk menghasilkan suatu keadaan dimana saat sensor suhu LM35 mendapatkan suhu ruang dan perangkat LCD 2×16 berfungsi untuk menampilkan data hasil dari suhu yang terbaca oleh sensor LM35 sebagai sensor suhu. Suhu sekitar sensor LM35 yang terdeteksi dan berbentuk sinyal analog akan di olah menjadi sinyal digital dan menampilkan hasilnya dalam bentuk angka – angka yang ditampilkan oleh LCD 2×16. Suhu ruang setiap saat dapat berubah sesuai dengan keadaan sekitar baik pengaruh cuaca ataupun isi ruang tersebut. Untuk dapat memperbaharui status kondisi suhu ruang yang berubah – ubah maka pembacaan atau mendeteksi suhu dapat di atur waktunya.


Penulis : Alamudin Zaenuri
Al Khawarizmi dari negeri Ibu Pertiwi




0 comments:

Post a Comment