Selamat Datang di My Blog << Waroeng Alam is a Waroeng-e Alam >>

Monday, July 30, 2018

Ciri Khusus Unta

UNTA

1. Unta memiliki tubuh yang besar, beratnya bisa mencapai 800 kilogram dengan tinggi lebih dari 2 meter.
2. Ciri khusus Unta ditandai dengan adanya punuk di punggungnya. Jumlah punuk pada Unta bisa 1 ataupun 2, tergantung dari spesiesnya. Paling tidak saat ini diketahui ada 3 jenis Unta, yaitu Unta Bactrian dan Arabian, serta Camelus ferus. Unta Bactrian yang umumnya terdapat di kawasan Asia memiliki 2 punuk, sementara Unta Arabian yang tersebar di kawasan Timur Tengah memiliki 1 punuk. Camelus ferus sendiri sebenarnya merupakan Unta Bactrian namun masih liar, jadi dia memiliki 2 punuk.
3. Mata Unta memiliki bulu mata yang tebal dengan alis yang terdiri dari 2 baris. Baik bulu mata yang tebal ataupun 2 baris alis yang dimiliki Unta, keduanya berfungsi untuk melindungi mata Unta agar tidak kemasukan pasir yang sering tertiup angina di gurun.
4. Telinga Unta berukuran kecil, namun pendengarannya tajam. Unta memiliki telinga yang ditutupi oleh bulu yang berguna untuk mencegah masuknya pasir dan debu ke dalam saluran telinga.
5. Unta memiliki kaki yang panjang dengan otot-otot yang kuat, sehingga Unta dapat membawa muatan yang berat dengan jarak tempuh yang panjang. Unta dapat membawa beban hingga 450 kilogram, namun biasanya supaya nyaman Unta sebaiknya diberi beban seberat 150 kilogram.

0 comments:

Post a Comment