السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمدلله رب العلمين والصلاة والسلام على رسول الله سيدنا ومولانا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وصحبه اجمعين. اما بعد.
Ane menulis disini karena ane adalah orang yang ditakdirkan oleh Allah SWT sebagai perwakilan manusia di bumi untuk menyampaikan setetes ilmu yang InsyaAllah akan bermanfaat bagi kita semua. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin.
Sebetulnya ini bukan tulisan yang ane buat melainkan ini adalah tulisan yang disusun oleh Dosen salah satu Universitas di Indonesia dan kebetulan ane diberi amanah untuk membantu dalam mengerjakan penulisan ini. Semoga tulisan ini bermanfaat karena bersumber dari sumber yang jelas. Yuhu, langsung aja.... cekidot.
Sebetulnya ini bukan tulisan yang ane buat melainkan ini adalah tulisan yang disusun oleh Dosen salah satu Universitas di Indonesia dan kebetulan ane diberi amanah untuk membantu dalam mengerjakan penulisan ini. Semoga tulisan ini bermanfaat karena bersumber dari sumber yang jelas. Yuhu, langsung aja.... cekidot.
Sumber-sumber dalam hukum Islam memiliki banyak sumber, disini ane tulis yang keempat yakni:
Qiyas
اَلْقِيَاسُ فِي الْإِصْطِلَاحِ الْاُصُوْلِيِّيْنَ : هُوَ اِلْحَاقُ وَاقِعَةٍ لَا نَصَّ عَلَى حُكْمِهَا بِوَاقِعَةٍ وَرَدَ النَّصُّ بِحُكْمِهَا، فِي الْحُكْمِ الَّذِيْ وَرَدَ بِهِ النَّصُّ ، لتساوَي الوَاقعتَيْن فِي عِلَّةِ هَذَا الْحُكْمِ.
Artinya: “Qiyas menurut istilah adalah menyamakan sesuatu hukum dari peristiwa yang tidak memiliki nash hukum dengan peristiwa yang sudah memiliki nash hukum, sebab sama dalam illat hukum” (Abdul Wahhab Khallaf, Ilmu Ushul Fiqh, 1942: hlm. 52, lihat juga Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Damaskus; Dar al-Fikr, Juz I, hlm. 571-573, Syaikh Muhammad Khudori Bek, Ushul Fiqh, Dar al-Fikr, 1988, hlm. 288-289).
Baca sebelumnya Baca lanjutannya
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Al Khawarizmi dari negeri Ibu Pertiwi
0 comments:
Post a Comment