Selamat Datang di My Blog << Waroeng Alam is a Waroeng-e Alam >>

Monday, July 30, 2018

Ciri Khusus Jerapah

JERAPAH

 1. Jerapah memiliki panjang tubuh antara 3,8 hingga 4,7 meter dengan bobot mencapai antara 0,5 sampai 2 ton.
2. Jerapah memiliki kaki yang panjang, serta leher yang lebih panjang lagi dengan punggung yang memiliki kontur seperti lereng menurun, tidak rata seperti kebanyakan hewan berkaki empat lainnya. Hal tersebut dapat dimaklumi karena memang kaki depan Jerapah lebih panjang dibandingkan kaki belakangnya.
3. Moncong Jerapah juga panjang dan telinga yang berukuran kecil, serta kedua mata yang besar.
4. Pada bagian atas kepala Jerapah terdapat tanduk yang ramping yang disebut ossicone, khususnya dapat ditemui pada Jerapah jantan dewasa. Dengan adanya ossicone, maka tinggi total Jerapah menjadi 4,7 hingga 5,3 meter (untuk Jerapah Jantan dewasa) dan 3,9 sampai 4,5 meter, untuk Jerapah betina dewasa.
5. Lidah jerapah berwarna biru kehitaman, yang jika diulur panjangnya bisa mencapai 45 cm. Lidah tersebut berfungsi untuk mengambil makanan.
6. Bobot jantung jerapah mencapai 10 kilogram dan panjangnya dapat mencapai 61 cm. Jantung tersebut menghailkan tekanan darah dua kali lipat jika dibandingkan dengan hewan mamali besar yang lain. Dengan tekanan darah sebesar itu, maka jantung Jerapah dapat mengaliirkan darah hingga mencapai kepala dengan melewati leheer Jerapah yang sangat panjang.

0 comments:

Post a Comment