Selamat Datang di My Blog << Waroeng Alam is a Waroeng-e Alam >>

Sunday, April 16, 2017

Jambu Biji Itu Bermanfaat

Kali ini sedikit ane ulas tentang jambu biji ya gaes, karena pohon jambu ane sedang banyak buah nya nih. Yah terpaksa deh ane harus membuat artikel (lebih tepatnya lihat di google terus ane salin sedikit dan edit banyak) sehingga menjadi artikel yang enak di baca.
Jambu biji merah merupakan salah satu jenis jambu yang sangat digemari oleh masyarakat. rasanya yang manis dan teksturnya yang lebih lembut lebih mudah membuat orang menyukainya. Jambu biji adalah tanaman yang berasal dari negara meksiko, amerika selatan. Saat ini jambu biji atau yang bernama latin guava ini sudah menjadi tanaman budidaya yang sudah dibudidayakan ke hampir seluruh pelosok dunia selama iklimnya tropis atau sub tropis seperti di negara Indonesia. kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam jambu biji merah ini sangat baik untuk tubuh.
Jambu biji merah bukan hanya memiliki rasa yang enak dan khas namun juga memiliki kandungan vitamin dan gizi yang sangat baik bagi tubuh. seharusnya tubuh memang mengonsumsi aneka buah supaya dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jambu biji merah. Jambu biji merah ini mengandung serat, vitamin C, asam folat, antioksidan dan lainnya. bahkan menurut penelitian kandungan vitamin C yang ada di dalam jambu biji merah mengandung 4 kali lebih besar dari yang ada di dalam buah jeruk.

Salah satu dari banyak manfaat dari jambu biji akan ane jabarkan lima saja, berikut manfaatnya. Cekidot....
  1. Mencegah kanker
Manfaat dari buah jambu biji merah adalah untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan buah jambu biji merah mengandung kalori dan lemak rendah. Selain itu kandungan vitaminnya juga cukup tinggi di dalam buah jambu merah. Kandungan antioksidan dalam buah jambu biji merah juga efektif dalam mencegah pertumbuhan sel kanker secara signifikan jika anda mengonsumsinya secara rutin.

  1. Melancarkan sistem pencernaan tubuh
Selain antioksidan kandungan lainnya yang ada di dalam buah jambu biji merah namun di dalamnya juga mengandung serat larut sebanyak 5,4 gram dalam setiap buahnya. Serat inilah yang kemudian mampu melancarkan pencernaan dan menghindarikan terjadinya penumpukan kotoran di dalam usus. Selain itu serat juga berfungsi dalam melindungi membrane usus dari ikatan zat kimia yang berbahaya dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. zat kimia itulah yang disinyalir menjadi penyebab kanker
  1. Menjaga fungsi saraf dan otak
Dengan mengonsumsi secara rutin buah jambu biji merah itu berarti anda juga sedang berusaha menjaga fungsi saraf dan otak anda. Hal ini dikarenakan jambu biji merah mengandung vitamin B3 dan vitamin b6 yang mampu merangsang kinerja otak. Vitamin B6 atau yang juga dikenal dengan istilah pyridoxine ini juga berfungsi sebagai pelancar aliran darah dan dapat memberikan asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak dan saraf




        4. Untuk men-slowkan tubuh biar gak banyak pikiran

Jika anda saat ini sedang penat dengan keseharian dan kesibukan anda pada pekerjaan cobalah untuk membuat jus jambu biji merah tanap gula lalu rebahkan tubuh anda. Tindakan kecil namun bisa membuat mood anda terbentuk kembali. Buah jambu biji merah mengandung magnesium yang mampu membuat efek rileks pada tubuh. magnesium mampu mengendurkan otot dan saraf yang tegang karena kurang istirahat dan stress. Ditambah lagi dengan kandungan vitamin B6-nya yang memiliki fungsi sebagai perileks saraf.



         5. Sangat baik bagi para ibu hamil

Lagi-lagi karena kandungan vitamin dan nutrisi lainnya yang ada di dalam buah jambu biji merah membuat buah jambu biji merah sangat baik dikonsumsi oleh para ibu hamil. Vitamin dan nutrisi yang ada di dalam buah jambu biji merah mampu melindungi janin dan juga menjaga kesehatan ibu hamil. Anda yang saat ini sedang hamil jangan sampai lupa menambahkan buah jambu biji merah ke dalam menu harian anda karena mampu mencegah anemia dan melengkapi gizi yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Selain itu resiko diabetes saat masa kehamilan juga bisa ditekan dengan mengonsumsi buah jambu biji merah ini sehingga meskipun hamil, tubuh tetap sehat dan bugar.

0 comments:

Post a Comment