Selamat Datang di My Blog << Waroeng Alam is a Waroeng-e Alam >>

Monday, February 13, 2017

Sumber Hukum Islam 1 (Al-Qur'an)

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمدلله رب العلمين والصلاة والسلام  على رسول الله سيدنا ومولانا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وصحبه اجمعين. اما بعد.
Ane menulis disini karena ane adalah orang yang ditakdirkan oleh Allah SWT sebagai perwakilan manusia di bumi untuk menyampaikan setetes ilmu yang InsyaAllah akan bermanfaat bagi kita semua. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin.
Sebetulnya ini bukan tulisan yang ane buat melainkan ini adalah tulisan yang disusun oleh Dosen salah satu Universitas di Indonesia dan kebetulan ane diberi amanah untuk membantu dalam mengerjakan penulisan ini. Semoga tulisan ini bermanfaat karena bersumber dari sumber yang jelas. Yuhu, langsung aja.... cekidot.
Sumber-sumber dalam hukum Islam memiliki banyak sumber, disini ane tulis dulu yang pertama yakni:

Al-Qur’an
اَلْقُرْأنُ هُوَ كَلَامُ اللهِ الَّذِيْ نَزَلَ بِهِ الرُّوْحُ الْاَمِيْنِ عَلَى قَلْبِ رَسُوْلِ اللهِ مُحَمَّدِ ابْنِ عَبْدِ اللهِ بِأَلْفَاضِهِ الْعَرَبِيَّةِ وَمَعَانِيْهِ الحَقِّ لِيَكُوْنَ حُجَّةً لِرَسُوْلِهِ عَلَى أَنَّهُ رَسُوْلُ اللهِ وَدُسْتُوْرًا لِلنَّاسِ يَهْتَدُوْنَ بِهُدَاهُ وَقُرْبَةً يَتَعَبَّدُوْنَ بِتِلَاوَتِهِ
Artinya: Al-Quran adalah firman Allah yang diturunkan oleh Allah dengan perantaraan Jibril ke dalam hati Rasulullah Muhammad Ibn Abdullah dengan lafadz Arab dan makna yang pasti sebagai bukti bagi Rasul bahwa dia adalah utusan Allah, sebagai undang-undang sekaligus petunjuk bagi manusia, dan sebagai sarana ibadah bagi yang membacanya (Abdul Wahhab Khallaf, Ilmu Ushul Fiqh, 1942: hlm. 23, lihat juga Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Damaskus; Dar al-Fikr, Juz I, hlm. 405, Syaikh Muhammad Khudori Bek, Ushul Fiqh, Dar al-Fikr, 1988, hlm. 207).

Baca lanjutannya
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Baca juga artikel islami lainnya disini 

Penyusun : Alamudin Zaenuri
Al Khawarizmi dari negeri Ibu Pertiwi

0 comments:

Post a Comment